Kini Kita Bisa Memantau Lokasi Seseorang Dengan Menggunakan WhatsApp


PeristiwaTerkini.com - WhatsApp memastikan segera melahirkan fitur baru yang menarik bagi penggunanya. Yaitu Live Location, dimana pengguna bisa membagikan lokasi dan pergerakannya secara real time pada sesama teman chat.

Berikut adalah fakta-fakta menarik soal fitur tersebut:

1. Mudah Digunakan

Live Location sendiri dapat digunakan oleh penggunanya dengan membuka sebuah percakapan terlebih dahulu. Kemudian pengguna bisa memilih menu ‘location’ di tombol ‘atttach’ dan memilih ‘Share Live Location’.

Fitur ini sebenarnya bukan hal yang baru, layanan lain seperti Telegram sudah lebih dulu melakukannya. Tapi mengingat WhatsApp paling banyak penggunanya, dampaknya mungkin lebih terasa.

2. Aman
WhatsApp sendiri juga berjanji jika fitur Live Location ini akan sama seperti berbagai layanan miliknya yang dienkripsi secara end-to-end. Pada firur ini juga mempunyai penanda waktu dan bisa diatur supaya fitur ini bisa mati secara otomatis.

Mengetahui Lokasi Seseorang dengan Share Location Whatsapp


3. Begini Cara Kerjanya
"Begini cara kerjanya. Buka percakapan dengan orang atau grup yang ingin dibagi lokasi. Akan ada opsi baru untuk Share Live Location. Pilih seberapa lama Anda ingin membagikan lokasi dan tekan kirim," sebut WhatsApp.

Beberapa pilihan waktu pengiriman ada yang cuma 15 menit, 1 jam sampai 8 jam. Jika dibagikan di grup, setiap orang di grup itu bisa melihat lokasi secara real time yang dibagikan. Jika ada beberapa orang yang membagikan, semua lokasi akan terlihat di peta yang sama.

4. Jadwal Peluncuran
WhatsApp berjanji fitur Live Location akan tersedia dalam waktu dekat. "Live Location akan tersedia baik di Android dan iPhone dan akan diberikan di aplikasi dalam minggu-minggu ini. Kami berharap Anda menyukainya," pungkas WhatsApp.


Fitur ini sejatinya bukanlah suatu yang baru ada sebelumnya Google Maps sudah terlebih dahulu menghadirka fitur serupa dengan mekanisme yang sama. WhatsApp sendiri menyatakan jika fitur Live Location tersedia dalam bebrapa minggu mendatang. Fitur baru ini akan berfungsi baik pengguna iOS amaupun Android. Facebook pun sebelumnya juga memberikan fitur sejenis di layanan lain milik mereka yakni Massenger.